Blog

Mengenal Critical Thinking, Skill Utama Abad 21

Critical thinking merupakan satu dari 3 istilah 4 C yang dianggap sebagai skill utama abad 21. Selain critical thinking, ada communication, collaboration, creativity. Dan ditambah dengan problem solving. Ke-4 skills di atas adalah kemampuan yang harus dikuasai untuk bersaing di abad 21.

Critical thinking ini awalnya berangkat dari ranah filsafat namun ia dapat dikembangkan untuk ranah-ranah ilmu lainnya ataupun dibiasakan untuk kehidupan kita sehari-hari.

Critical Thinking (atau Berpikir Kritis) adalah sebuah kemampuan untuk berpikir jernih dan rasional tentang apa yang harus dilakukan atau apa yang ingin diyakini sebagai kebenaran.

Sayangnya di Indonesia critical thinking masih belum diaplikasikan secara luas dalam kehidupan sehari-hari. Di media sosial begitu mudah orang memakan hoax yang terlihat seakan-akan rasional, padahal menyesatkan.

Gejala kurangnya berpikir kritis ini bisa membuat orang yang mempunyai argumentasi bengkok dan tidak beralasan, tetapi disampaikan dengan nada meyakinkan justru bisa diterima mentah-mentah, dikembangkan, dan disebarluaskan sehingga menjadi konspirasi yang bisa berbahaya.

Karena pentingnya skill berpikir kritis inilah mengapa ia menjadi salah satu skill paling dicari di bad 21.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *